DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN LUWU

DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN LUWU

Senin, 19 September 2011

Air Terjun Salu Sabeng Obyek wisata Potensial Kab. Luwu

BLM – Air Terjun Salu Sabeng merupakan salah satu pesona alam yang dimiliki Kabupaten Luwu yang terletak di Desa Tampumia Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu yang berjarak sekitar 45 KM dari Ibukota Kabupaten.
Bagi sebagian masyarakat Luwu, air terjun yang berasal dari pertemuan aliran sungai Gunung Buntu Alang dan Gunung Buntu Tabo ini masih terasa asing di telinga mereka sebab belum pernah dijadikan sebagai obyek wisata umum. Namun, bagi masyarakat Tampumia, air terjun ini sudah sejak lama dirasakan keindahan panoramanya.
Melihat potensi air terjun ini bisa menjadi obyek wisata andalan Kabupaten Luwu kedepan, Kepala Desa Tampumia Drs. Mustika Sanggana kemudian berinisiatif membuka akses jalan menuju lokasi air terjun tersebut. Akhir bulan Juli tahun 2011 lalu, dibantu personil Polisa Kehutanan Propinsi Sulawesi Selatan dan Polisi Kehutanan Kabupaten Luwu bersama warga masyarakat yang mencapai 1500 orang bahu membahu membuka akses jalan menuju lokasi air terjun.
Usaha membuka akses jalan ini cukup memakan waktu lama yang disebabkan karena lokasi tersebut berada dilereng-lereng perbukitan sehingga untuk mencapai lokasi air terjun dari Desa Tampumia kita perlu berjalan sekitar 1,5 KM. Namun, jarak ini bukanlah halangan karena sepanjang jalan menuju lokasi air terjun kita dapat menikmati keindahan alam yang lain.
Kepala Desa Tampumia mengatakan pembukaan akses jalan ini merupakan awal usaha mereka untuk menjadikan Air Terjun Salu Sabeng sebagai obyek wisata potensial, selanjutnya Pemerintah Desa akan mengajukan proposal ke Pemerintah Kabupaten untuk menindak lanjuti hasil kerja masyarakat agar Air Terjun salu Sabeng dapat dijadikan sebagai salah satu sektor penghasil PAD Kabupaten Luwu. (Asr).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar